Monday, June 1, 2009

AA Gym’s Five Concepts of Business (Part II)

“Yang keempat, keuntungan adalah ketika dengan bisnis, menambah silaturahmi, menambah saudara, karena persaudaraan itu mahal. Buat apa mempunyai uang banyak kalau musuh juga bertambah. Sekali digarong, atau dibui, harta akan habis dan percuma.

Jadi orentasi dalam bisnis itu adalah bagaimana semakin menambah saudara. Tidak begitu beruntung barangkali tidak ada apa-apa, tetapi saudara bertambah. Kalau orang sudah sayang ke kita, dia akan menjadi tim marketing kita.

Dan yang kelima, yang disebut keuntungan bagi bisnis yang bernuansa religi adalah bagaimana dengan bisnis makin banyak orang yang mendapatkan keuntungan, yang menjadi bagian dari bisnis kita, itu akan menjadikan kebagian diri kita pula.

Konsep-konsep tersebut di atas tidak hanya ideal, tapi realistis karena kita sudah menjalani dan terbukti untung besar. Kami tidak tertarik pada uang haram, untuk apa? Logikanya sederhana, Allah yang menyuruh jujur, Allah yang memberi rezeki, untuk apa harus tidak jujur?

Kami membangun perusahaan dengan konsep ini. Beberapa waktu yang lalu kami mencoba untuk membangun perumahan, hanya dalam tempo satu bulan sudah laku 495 rumah. Bahkan belum diumumkan sudah habis. Ya mudah-mudahan Allah menerima.”

Taken from Berbisnis dengan Hati: The 10 Credos of Compassionate Marketing by KH Abdullah Gymnastiar & Hermawan Kartajaya, pages 33-36.

Monday, 1/6/2009, 6:37 PM

No comments: